Hi readers..

Tahukah kamu apa itu website? ini, yang sedang kamu buka ini, loh. Ini namanya website. wkwk maaf garing. Okay lets back to the topic.

Pernah nggak sih kamu berfikir untuk memiliki sebuah website? baik itu personal web, company profile, onlineshop, travel dan lainnya. Atau bahkan kamu tertarik untuk membuat sebuah website? kamu ingin merancang sendiri websitemu, ingin bebas berekspresi pada websitemu dan ingin mengelola sendiri website yang kamu buat.

“mau banget, tapi bingung mau mulai dari mana dan buatnya pakai apa ūüôĀ “

Okay mari pecahkan kebingunganmu karena tujuanku menulis ini adalah untuk memberitahumu tentang WORDPRESS.

Apa itu wordpress?

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).[4] Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya[4].

Sederhananya, WordPress adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk bebas berekspresi dalam membuat website impianmu.

Keuntungannya :

Keuntungan menggunakan WordPress sebagai platform CMS (Content Management System) dalam membuat dan membangun sebuah situs atau blog, diantaranya;

1. Sangat Fleksibel

Dari sisi pengembangan, WordPress merupakan platform CMS yang sangat mudah untuk dikostumisasi, baik dari segi tampilan (theme), ataupun dari segi plugin. Dahulu WordPress hanya digunakan sebagai CMS untuk blog. Namun seiring berkembangnya kemampuan inti dari WordPress, saat ini WordPress dapat digunakan untuk keperluan apapun.

2. Pengelolaan Mudah

Di WordPress, sudah terdapat fitur ‚Äúinterface‚ÄĚ yang memudahkan pengaturan posting dan tata letak komponen websitenya. Ini merupakan salah satu keuntungan menggunakan WordPress untuk website Anda, terutama untuk orang awam yang tidak begitu memahami bahasa pemograman.

3. Tersedia Banyak Plugin

Plugin adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, antivirus, SEO, montoring web, galerry, sosial media share, dan lain sebagainya.

4. Dapat Mengelola Tingkat Akses Pengguna

Platform WordPress menyediakan 5 pilihan peran pengguna seperti admin, editor, penulis, kontributor, dan pelanggan. Kelima pilihan peran pengguna ini sangat baik digunakan pada sebuah website perusahaan yang memiliki beberapa orang untuk pengelolaannya.

5. Mudah Digunakan

Menggunakan CMS ini sangat mudah, menu-menu yang ada cukup intuitif. Namun bila Anda menemui kesulitan dalam menggunakannya, jangan khawatir. Karena kepopuleran CMS ini, banyak sekali artikel yang ditulis mengenai cara menggunakannya.

 

Kelemahannya :

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. sama halnya manusia, wordpress juga memiliki kelemahan pada security / keamanan rentan / rentan kena hack oleh programmer pemula atau programmer yang nggak ada kerjaan.

Biasanya hacker akan melakukan bebera hal pada websitemu. Berikut kami berikan contoh beserta cara mengatasi berdasarkan pengalaman kami ;

1. Spam Post

Semua post yang ditulis atas nama Wahyu Ramadhan itu adalah kerjaan tangan usil hacker. Biasanya hal ini mereka lakukan untuk numpang trending (saya sebut begitu). Mereka akan membuat artikel diluar tema webmu. Kadang juga artikelnya nyebelin dan nggak pantas untuk dibaca.

Cara mengatasinya :

Untuk kasus ini, saya mengganti semua password user yang yang terdaftar dalam web tersebut. Berhasil dong..

2. Auto Direct Link

Ini adalah yang paling nyebelin sepanjang sejarah perhackan yang pernah saya hadapi. Jadi ketika saya atau siapapun membuka website, dia akan auto direck ke link lain yang isinya pasti akan langsung bikin kesal. Seperti gambar di bawah ini : 

Foto di atas sengaja diblurr karena mengandung unsur pornografi. Bayangkan hal ini terjadi pada website anda. Beuhhh rasanya pengen langsung nonjok aja tuh si pelaku hack nya. Karena ini sangat sangat sangat merugikan perusahaan (jika itu website untuk perusahaan).

Banyak hal yang sudah kami coba lakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini. Mulai dari mengganti password user, menghapus user, menghapus plugin, bahkan menghapus file wordpress yang ada di cPanel (kecuali folder Wp-content dan file Wp-config.php). Tapi tidak ada yang bekerja, tidak ada yang berhasil. Direck link itu masih ada.

Akhirnya setelah merenung, ngelamun, berdoa pagi siang sore malam, (gara-gara nggak nemu solusi di Google) maka ketemulah sebuah pencerahan yang membuat kami berkata “naahhhhh, ini dia….”

Gambar diatas menunjukkan bahwa terdapat source aneh yang mencurigakan. Setelah dicari dan ditelusuri, ternyata source ini ada di dalam¬†DataBase.¬†Let’s fight the virus..

Pertama-tama buka database

Klik menu search untuk mencari si virus, kemudian copy paste source aneh tadi. Pilih all of the word dan Select all untuk mencari di sebelah ana virus itu bersemayam

Jeeng jeeng….¬†Di sini ketemu 24 virus di bagian Wp-posts. Mari kita¬†browse¬†untuk menghancurkannya

Edit salah satu content, kemudian block source aneh itu dan delete. Terakhir, GO untuk menyimpan. Lakukan hal yang sama hingga source itu tidak ditemukan lagi.

Akhirnya hilang juga Direct Link yang menyebalkan itu.

Jadi, ya gitu deh kelebihan dan kekurangan kalau menggunakan wordpress. Untuk saya pribadi, saya tetap bertahan menggunakan wordpress karena sangat membantu dan saya benar-benar bebas berekspresi. Walau ada beberapa rintangan berupa hack hack yang dilakukan oleh entah siapapun itu, saya nggak mau nyerah. Saya akan terus mencari cara untuk menangkis serangan bertubi-tubi itu.

Bagaimana? tertarikkah kamu untuk menggunakan WordPress? Jika iya, yuk bareng-bareng buat webnya bareng ITEC ūüôā

Share This