Kecepatan website yang lambat itu buruk untuk bisnis. Ungkapan tersebut bukan omong kosong karena kian hari speed website semakin memegang peran penting di bidang pengembangan website. Kecepatan web memberikan kesan pertama dan selamanya. Sekali lambat, orang malas kembali. Cek kecepatan website perlu dilakukan secara rutin untuk memantau apakah speed website tetap, meningkat, atau bahkan menurun.

Saat ini, website untuk mengecek speed website semakin banyak. Hal tersebut berdampak positif karena melakukan pengecekan kecepatan web tidak lagi menjadi sesuatu yang sulit. Hasil pengecekan tersebut bisa Anda jadikan evaluasi untuk menilai apakah ada yang salah pada pengembangan website yang dilakukan. Solusi tentu perlu dicari untuk menangani permasalahan tersebut dengan cepat dan tepat.

Pentingnya Kecepatan Website

Tidak dapat dipungkiri jika speed website kian hari kian penting. Alasan utama kenapa speed website sangat penting adalah tidak ada orang yang mau menunggu lama hingga website terbuka penuh. Bahkan, dalam hitungan detik, pengunjung akan langsung kabur dan berpindah ke website lain. Alasan pentingnya speed website tentu bukan itu saja. Berikut adalah 5 alasan kenapa speed website itu penting.

1. Mempengaruhi Kesan Pertama

Kecepatan web adalah kesan pertama yang akan didapatkan oleh pengunjung. Jika kesan pertama sudah buruk, maka kesan tersebut akan menempel lama di benak pengunjung. Konsekuensinya, Mereka tidak akan kembali dan bahkan bisa saja berbicara kepada orang lain mengenai pengalaman buruk yang dialami. Berbanding terbalik jika kecepatan web Anda cepat dan mudah diakses. Secara serta merta, Mereka akan terkesan.

2. Mempengaruhi Pendapatan

Pengunjung yang kabur karena website yang lambat tersebut bisa jadi adalah pengunjung potensial yang siap membelanjakan uangnya atau berkontribusi positif pada konten yang Anda buat. Bayangkan saja, sebelum melihat apa yang Anda tawarkan, Mereka sudah berpaling muka. Tentu saja, hal tersebut akan berdampak pada pendapatan yang sudah Anda proyeksikan sebelumnya. Intinya, jangan biarkan calon konsumen menunggu lama.

3. Mempengaruhi Pengalaman Pengunjung

Setiap pengunjung yang mengakses sebuah website hendak mencari apa yang mereka cari. Katakanlah website Anda menyediakan apa yang Mereka cari. Namun sialnya, kecepatan we Anda lambat. Para pengunjung ini tidak segan mengabaikan apa yang Mereka temukan karena lambatnya akses ke konten tersebut. Dalam urusan pengalaman pengunjung, kecepatan adalah hal yang utama dan tidak dapat dikomporomikan.

4. Mempengaruhi Ranking Google

Ya, memang kualitas konten, relevansi, dan otoritas merupakan indikator yang berpengaruh besar pada ranking Google. Namun, kendati speed website bukanlah indikator utama, Anda tidak boleh mengabaikannya. Pasalnya, Google ‘malas’ menjelajahi dan menilai website yang lambat. Jika ada 2 website yang akan dijelajahi Google, maka Google akan memilih website yang lebih cepat untuk dijelajahi terlebih dahulu.

5. Mempengaruhi Opini Publik Jangka Panjang

Website yang lambat kerap dikaitkan dengan isu keamanan. Website Anda bisa mendapatkan penilaian atau prasangka sebagai website yang berbahaya dan tidak aman. Anda tidak boleh meremehkan opini pengunjung, apalagi jika opini tersebut berhasil menjadi opini publik yang menyebar dan berdampak pada persepsi orang terhadap website Anda secara umum. Dampaknya tidak main-main. Kredibilitas website Anda bisa hancur lebur.

Cara Cek Kecepatan Website

Cara cek kecepatan akses website memang mudah. Yang perlu dilakukan hanyalah mengunjungi website penyedia jasa pengujian kecepatan dan lakukan cek kecepatan website di sana. Untuk pengembang, Anda bisa menggunakan beberapa tools untuk mengetahui speed website dengan lebih akurat. Google PageSpeed Insights dan GTMetrix adalah 2 website yang masih menjadi website populer untuk pengujian kecepatan.

1. Cara Cek Speed Website di Google PageSpeed Insights

PageSpeed Insights

PageSpeed Insights

Berikut adalah langkah-langkah mengecek speed website di Google PageSpeed Insights.

  • Buka website Google PageSpeed Insights
  • Masukkan URL website pada kolom pengujian yang tertera di halaman tersebut.
  • Klik Analyze.
  • Tunggu hingga proses pengujian selesai.
  • Jika selesai, Anda akan mendapatkan laporan pengujian kecepatan.

2. Cara Cek Speed Website di GTMetrix

GTMetrix Test

GTMetrix Test

Berikut adalah langkah-langkah mengecek speed website di GTMetrix.

  • Buka website GTMetrix.
  • Masukkan URL website pada kolom pengujian yang tertera di halaman tersebut.
  • Klik Test your site.
  • Tunggu hingga proses pengujian selesai.
  • Jika selesai, Anda akan mendapatkan laporan pengujian kecepatan.

Daftar Web Cek Kecepatan

Google PageSpeed Insights, GTMetrix, WebPageTest, Dareboost, dan Google Mobile Website Speed Testing Tool adalah 5 website pengecek speed website yang paling populer. Selain populer, Anda tidak dipungut biaya sepeserpun untuk melakukan pengujian di website tersebut. Selain melalui website cek kecepatan website juga dapat dilakukan melalui alat khusus yang diperuntukkan untuk para pengembang website.

1. Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insights adalah alat cek kecepatan website Google terbaik. Tidak ada yang lebih baik selain menyediakan alat tes kecepatan sendiri dan memberikan laporan yang diperlukan para pengembang untuk meningkatkan kecepatan situsnya. Website ini akan memberikan penilaian kecepatan dari 0-100. Laporan yang muncul juga menampilkan rekomendasi mengenai apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan.

2. GTMetrix

GTMetrix menampilkan laporan performa yang interaktif dengan analisis yang lengkap. GTMetrix dikenal karena laporan hasil pengujiannya mudah dibaca dan tidak membosankan. GTMetrix akan menampilkan laporan sederhana dalam bentuk skor performa website berikut detail halamannya. Laporan pengujian yang mendetail bisa Anda baca dan dibagi dalam 6 kategori, yaitu PageSpeed, Yslow, Waterfall, Timings, Video, dan History.

3. WebPageTest

Anda bisa mengabaikan tampilan website ini yang memang tampak terlalu serius dan membosankan. Dibalik tampilannya yang tampak dari masa lalu, kemampuan analisis website ini sangat mengesankan. Anda dapat melakukan cek kecepatan loading website dari lokasi, perangkat, dan browser yang berbeda. Opsi pengujiannya juga beragam, dari tes sederhana hingga tes tingkat lanjut yang cocok untuk para pengembang.

4. Dareboost

Darebost Website Speed Test

Darebost Website Speed Test

Membutuhkan alat pengujian yang komplet, termasuk memberikan analisis keamanan hingga SEO? Jika ya, maka Dareboost adalah website tes kecepatan untuk Anda. Kendati berbayar, Anda bisa menggunakan fitur pengujian gratis dengan konten yang dibatasi. Jangan khawatir, versi gratisnya saja mampu menampilkan laporan yang lengkap dengan 80 kategori data yang berbeda. Desain dan tampilan Dareboost juga mengesankan.

5. Google Mobile Website Speed Testing Tool

Meningkatnya pengguna perangkat mobile membuat pengujian kecepatan web dari perangkat mobile perlu dilakukan. Bahkan, banyak website yang sudah mengoptimalkan kecepatan di perangkat mobile. Google Mobile Website Speed Testing Tool adalah alat yang tepat untuk mengukur performa website Anda dari perangkat mobile. Kecepatan web di perangkat mobile ternyata berpengaruh pada ranking Google.

Hasil cek kecepatan website tidak menggembirakan? Bingung bagaimana caranya meningkatkan kecepatan loading website padahal sudah utak-atik sana sini? Jika ya, maka biarkanlah Qwords membantu Anda dan menemukan solusi jitu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Layanan Qwords hosting Indonesia juga menyediakan beragam pengoptimalan yang dapat meningkatkan performa website dan menyukseskan kampanye SEO Anda.

Terima kasih

Sumber : 
https://qwords.com/blog/cara-mengecek-kecepatan-website/

WhatsApp chat
Share This