Bismillah..

Setelah mengetahui apa itu IT dan kenapa kamu harus belajar IT, kali ini kita akan membahas tentang tips belajar IT/Programming.

Yup, ada banyak sekali metode belajar yang bisa kita lakukan untuk belajar IT maupun mempelajari sesuatu yang lain.

Di sini, kami akan menjelaskan 3 motode belajar yang bisa kamu pilih.

Otodidak

Otodidak atau autododak adalah metode belajar sendiri dimana kamu akan belajar tanpa bantuan guru atau pembimbing. Seorang otodidak akan mencari tau melalui google tentang sesuatu yang ia butuhkan. Bisanya, ia akan sangat akrab dengan Stack Overflow.

apa itu Stack Overflow? seorang programmer maupun seorang yang belajar programming pastinya sudah tidak asing lagi dengan ini. Stack Overflow adalah situs tanya jawab tentang berbagai topik dalam dunia pemrograman.

Belajar Online

Ada banyak sekali website yang menawarkan belajar pemrograman, baik website dalam negeri maupun website luar negeri. Di sini kami hanya akan menyebutkan beberapa yang menjadi rekomendasi untuk kamu yang ingin belajar pemrograman secara online.

Codecademy

Codecademy adalah platform online interaktif gratis yang menyediakan pelajaran pemrograman seperti Python, PHP, JavaScript, dan Ruby, begitu juga dengan bahasa markup termasuk HTML dan CSS. Codecademy dibuat pada tahun 2011 oleh Zach Sims dan Ryan Bubinski.

Serupa halnya bermain game, belajar di Codecademy juga terdiri dari beberapa level. Misalnya belajar membuat website, di level pertama Anda diajarkan elemen-elemen yang digunakan dalam website. Level selanjutnya Anda mulai belajar coding dasar secara langsung. Anda akan diberikan instruksi-instruksi untuk memodifikasi kode yang telah disediakan. Apabila mendapat masalah atau kebingungan dalam menjalankan instruksi, tidak usah khawatir karena Codecademy telah menyediakan petunjuk yang akan menjelaskan maksud dari instruksi tersebut.

Udemy

Udemy adalah marketplace global untuk belajar dan mengajar online. Melalui Udemy, learner dapat menguasai keterampilan baru dan mencapai tujuan mereka dengan belajar lebih dari 80.000 courses yang diajarkan olehinstructor.

Berdiri pada tahun 2010 dan berkantor pusat di San Fransisco US, Udemy memiliki misi untuk menghubungkan learner di mana saja dengan instructorterbaik untuk memaksimalkan potensi learner dan membangun bisnis yang baik dan berharga bagi instructor.

Per 2018, Udemy mencoba mengembangkan market-nya di Indonesia. Misi Udemy di Indonesia untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepadastudents dan instructors lokal: bagaimana memaksimalkan potensi anak bangsa – dari Indonesia & untuk Indonesia. Pada Juli 2018, Giri Suhardibergabung dengan Udemy sebagai Head of Indonesia Market (Country Manager) dan bertanggung jawab untuk perkembangan Udemy di Indonesia.

Udemy mengajak individu dan institusi bertalenta untuk berkembang bersama dengan berbagi pengetahuan mereka di platform Udemy dalam rangka memperluas akses pengetahuan.

Dicoding

Dicoding adalah program yang dikhususkan untuk pengembang aplikasi di Indonesia, dengan bermacam kelas (“Academy”) yang dapat dipelajari secara online/daring, tantangan (“Challenge”) yang dapat dikerjakan, serta kegiatan (“Event”) yang dapat diikuti. Untuk setiap tantangan yang selesai dikerjakan, pengembang aplikasi akan diberikan poin yang dapat ditukar dengan hadiah sesuai katalog Dicoding dan XP yang merupakan “Reputasi”. Events dan Academy mungkin memiliki points dan atau XP, namun nilainya bervariasi.

Dicoding dapat diikuti siapa saja, tidak terbatas pada siswa/i, mahasiswa/i, pekerja, tenaga lepas (freelancer), pengusaha, komunitas teknologi, dan profesional. Setiap akun di Dicoding dianggap mewakili sebuah profil personal tertentu.

Dicoding memiliki beberapa platform tujuan di bidang mobile, yakni: iOS, Android, Tizen, dan Windows (Desktop/Mobile). Anda bisa menggunakan platform apapun untuk mengembangkannya. Meskipun demikian, dimungkinkan adanya tantangan yang spesifik untuk salah satu platform tujuan, ataupun kombinasinya. Dicoding juga memiliki challenge bertipe VR, Web, Portofolio, dan IoT.

Codepolitan

CodePolitan adalah media edukasi dan informasi tentang pemrograman dan teknologi. CodePolitan dibangun untuk memfasilitasi para developer dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan seputar pemrograman dan teknologi. Konten-konten yang ada di CodePolitan disusun sedemikian rupa dan dalam bahasa Indonesia agar mudah dipahami oleh para developer Indonesia.

Codepolitan menyediakan beberapa alternatif untuk belajar yakni Online Course, Developer School dan Interactive Coding

Online course adalah program belajar coding online dengan menggunakan beragam media belajar berupa video, teks dan gambar yang disusun berdasarkan jalur-jalur profesi dan keahlian.

Developer School adalah program pelatihan belajar coding di dalam kelas secara offline dengan bimbingan instruktur dan mentor yang berpengalaman dengan kurikulum berbasis industri.

Interactive Coding adalah belajar online dasar-dasar pemrograman dengan konsep belajar interaktif dimana user bisa menulis kode program dan menjalankannya secara online mengikuti instruksi yang ada

Kursus dan Pelatihan

Belajar dengan metode ini merupakan cara belajar dimana kamu akan dibimbing langsung oleh pengajar/trainer dalam sebuah pertemuan antarmuka. Cara seperti ini biasanya banyak disukai karena kamu bisa berinteraksi dan berdiskusi langsung dengan pengajar.

Berikut beberapa tempat kursus dan pelatihan yang bisa kamu datangi

Hacktiv8

Hacktiv8 mengajarkan beragam ilmu programming dengan kurikulum yang mengikuti tren industri IT masa kini. Disini, kamu akan mempelajari dasar programming hingga bahasa pemrograman yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Hacktiv8 menawarkan program yang lebih intensif dan biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan program S1 jurusan ilmu komputer di universitas-universitas di Indonesia. Seorang peserta hanya perlu menyediakan dana Rp 30 juta untuk mengikuti program intensif selama 3 bulan di Hacktiv8 dan menjadi developer fullstack yang siap kerja. Sedangkan untuk mendapatkan gelar S1 jurusan ilmu komputer diperlukan waktu yang jauh lebih lama dan biaya kurang lebih Rp 80 juta.

IMA studio

Perusahaan jasa yang bergerak di bidang pelatihan dan layanan pengembangan aplikasi mobile android dan ios. Merupakan bagian dari IDN yang berjalan bersama dengan maksud mewujudkan alumni yang profesional dan sukses karirnya di masa depan.

Terdaftar resmi sebagai PT Integrasi Data Nusantara, kami lebih dikenal dengan merek “ID-Networkers atau biasa disebut “IDN”, merupakan perusahaan jasa pelatihan dan sertifikasi dibidang jaringan internet Yang didirikan pada tahun 2008 oleh sekelompok anak muda yang memiliki semangat dan ide untuk meningkatkan keterampilan dan jumlah insinyur jaringan bersertifikat di Indonesia dan Asia Pasifik.

ITEC (Information Technology Education Center)

ITEC  merupakan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang bergerak dibidang IT seperti Programming dan Networking. ITEC memberikan jaminan keahlian kepada peserta sampai bisa, walaupun kamu bukan orang IT.

Mengawali perjalanan karir, ITEC secara resmi dibuka pada tanggal 20 Maret 2017 yang berlokasi di Jl. Hos Cokromaminoto no 33, Cemare, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Di bawah pimpinan seorang Pengusaha sekaligus Programmer profesional yang juga merupakan dosen IT di salah satu kampus swasta di Mataram, serta para Trainer yang sudah sangat berpengalaman dibidangnya, ITEC telah mampu melahirkan programmer-programmer baru yang siap terjun ke dunia kerja.

Kamu bisa memilih berbagai program kursusnya di sini

Banyak sekali yang bisa kami dapatkan ketika kamu mengikuti kursusnya, seperti Sertifikat, T-Shirt, ATK, Tas cantik, Stiker, Kopi, Wifi gratis, Tempat ngoding yang asik, Ruangan ber AC yang nyaman dan kekinian, Jadwal yang fleksibel, Trainer yang ramah dan jago, Kamu bisa gratis ngulang di program kursus yang sama seumur hidup kamu serta masih banyak hal menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan di sana.

Siapapun kamu, kamu bisa belajar di tempat ini. Baik Programmer, Siswa/i dari SMP-SMA, Mahasiswa/i, Freelance, Jobseeker, PNS, Ibu rumah tangga atau dari kalangan manapun. Kamu akan dibimbing dari 0 hingga menjadi seorang programmer profesnional.

kamu tidak perlu khawatir ilmu yang kamu dapatkan akan sia-sia karena kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang dibutuhkan di dunia kerja dan selalu mengikuti perkembangan teknologi saat itu.

Jadi itulah beberapa metode kursus yang bisa kamu pilih untuk memulai belajar IT.

Sudahkah kamu menentukan pilihan untuk menggunakan metode yang mana?

Kalau kamu punya metode yang lain, kamu bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Terimakasih.

Semoga bermanfaat 🙂

Source :

id.techinasia.com/dev-series-4-website-gratis-belajar-coding

medium.com/@Udemy.Indonesia/udemy-untuk-indonesia-a11d79494001

dicoding.com/faq

codepolitan.com/

hacktiv8.com/

beritasatu.com/iptek/369704/hacktiv8-cetak-developer-dalam-12-minggu

idn.id/about-us/

Share This