Sejak lahir, setiap orang sudah memiliki bakatnya masing-masing dan bakat itu sendiri bisa dikategori seperti hobby yang mengantar bakatnya menjadi suatu hal yang luar biasa, seperti bakat bermain gitar, sepak bola dan lain sebagainya. Soft skill itu mirip sekali dengan bakat, hanya saja dalam bentuk yang berbeda. Soft skill, seperti layakya bakat, akan menunjukkan keterampilan yang dimiliki setiap orang dan harus dikembangkan untuk menemukan jati diri mereka. Soft skill itu sendiri harus dikembangkan, namun soft skill juga tidak akan berjalan sempurna apabila tidak di iringi dengan Hard Skill, begitu pun sebaliknya. Namun ada juga yang tidak akan mendapatkan soft skill dari dirinya sendiri apa bila dia tidak ada keinginan untuk berubah yang besar dalam hidupnya dari pola hidup yang buruk ke pola hidup yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi, Soft skill itu apa sih?

       Soft skills adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, ketrampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Soft skill menyangkut karakter pribadi seseorang yang dapat meningkatkan interaksi individu, kinerja pekerjaan dan prospek karir. Tidak seperti hard skill yang berkenaan dengan kemampuan menyerap ilmu atau keahlian dan kemampuan untuk melakukan jenis tugas atau kegiatan tertentu, soft skill berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk berinteraksi secara efektif dengan sesamanya  baik di dalam dan di luar tempat kerja.

Berikut beberapa Soft skill yang harus kamu miliki dalam dunia kerja

1. Kemauan untuk belajar

Jadilah orang yang mau belajar dan menambah pengetahuan di dunia kerja, meski itu bukan bidang utama Anda. Jika menutup diri dan tidak mau belajar, maka Anda tidak hanya merugikan diri tapi juga perusahaan.

2. Kreatif

Seseorang yang kreatif dan mampu berpikir di luar kebiasaan adalah orang yang dicari oleh setiap perusahaan. Orang yang kreatif berani melakukan dan memulai sesuatu yang berbeda, berani berperan dan membawa inovasi yang baru bagi perusahaan.

3. Komunikasi

Anda tidak bekerja sendri, tapi bersama dengan banyak orang. Hal itu menuntut Anda untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Jika tidak punya soft skill ini maka Anda akan kesulitan untuk membangun relasi dan berkembang.

4. Manajemen waktu

Kini banyak pekerjaan yang tidak menuntut Anda untuk terus berada di kantor. Suatu keuntungan tapi juga suatu jebakan. Sebab Anda harus pintar-pintar mengatur prioritas dan keinginan. Ingat untuk tetap menjadikan pekerjaan sebagai prioritas Anda.

5. Gigih

Orang yang gigih sangat diperlukan dalam tim, apalagi jika tim tersebut sedang dihadapkan pada sebuah masalah yang harus diselesaikan. Untuk menguji soft skill ini, perekrut akan menanyakan pengalaman Anda dalam menyelesaikan masalah di tempat bekerja Anda sebelumnya.

6. Sikap yang positif

Sikap positif akan mendorong kemauan seseorang untuk belajar atau mengerjakan tugas baru dan tanggung jawab lainnya demi kebaikan dan kepentingan tim.

7. Komitmen

Setelah Anda mendapatkan pekerjaan pertama (apalagi sesuai dengan passion), pasti Anda sangat berkomitmen terhadap pekerjaan itu.

8. Disiplin

Hal ini sudah menjadi hal yang mutlak harus dimiliki semua orang untuk bisa sukses. Sering kali Anda dihadapkan dengan serangkaian deadline yang harus ditepati. Kemampuanmu dalam hal manajemen waktu juga sangat dibutuhkan. Anda dituntut untuk profesional dalam setiap pekerjaan.

9. Kemampuan bekerja sama

Kemampuan ini sangat penting. Saat Anda bekerja di suatu perusahaan kemungkinan besar Anda akan berhubungan dengan rekan dari divisi lain dengan tangung jawab, keahlian, dan gaya kerja yang berbeda. Hal ini mengharuskan fresh untuk bisa saling berkerja sama satu sama lain.

Sumber :

http://scdc.binus.ac.id/bslc/2017/08/apa-itu-soft-skills/

https://womantalk.com/career/articles/6-soft-skill-yang-harus-anda-miliki-dalam-dunia-kerja-DKvPX

https://www.karyaone.co.id/blog/soft-skill/

https://www.studilmu.com/blogs/details/8-soft-skills-penting-di-dunia-kerja

Share This