Secara umum soft skills merupakan sebuah istilah yang biasa digunakan oleh para pekerja untuk mendeskripsikan kemampuan non-teknikal. Kemampuan ini tidak kasat mata dan hanya dapat diketahui melalui komunikasi langsung atau melalui sebuah tes kepribadian.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan terlalu khawatir jika lamaran pekerjaan ditolak sebuah perusahaan yang mewajibkan tes psikotes dalam proses penyaringan kandidat pekerjanya. Mereka sebenarnya mengetahui bahwa Anda sebenarnya memiliki potensi dan mampu menyelesaikan beban kerja yang akan diberikan. Hanya saja, mereka menginginkan seseorang yang benar-benar cocok dengan perusahaan mereka.

Dengan kata lain, ditolak bukan karena tidak mampu (technical skill), melainkan karena kepribadian Anda (soft skill) yang mungkin saja tidak cocok dengan posisi atau lingkungan perusahaan yang dilamar.

Itulah penjelasan singkat mengenai makna soft skills dan contoh pengaplikasiannya di dunia kerja. Sekarang, mari kita bahas beberapa soft skills yang sebaiknya ditingkatkan levelnya guna meningkatkan kesempatan untuk berkarir di dunia kerja.

Adaptasi

Biasanya banyak perusahaan yang memiliki jam kerja yang padat, kebijakan yang terus berubah, dan perkembangan target bukanlah hal yang dapat dengan mudah diterima seseorang terutama perusahaan-perusahaan yang masih berstatus startup.

Oleh karena itu, hanya orang dengan kemampuan beradaptasi tinggi yang dapat dengan mudah mengisi lowongan tersebut. Mereka percaya bahwa mereka dapat menjalankan pekerjaan dengan baik terlepas dari banyaknya perubahan-perubahan yang mungkin terjadi.

Komunikasi

Komunikasi terbukti dapat membantu Anda baik di dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dengan mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang baik, berarti Anda telah berusaha untuk meningkatkan segala aspek yang ada di dalam kehidupan.

Selanjutnya, komunikasi menjadi sangat penting karena sehebat apapun ide yang Anda miliki, apabila tidak dapat mengkomunikasikannya dengan baik, orang lain tidak akan mengerti dengan apa yang sebenarnya Anda inginkan.

Manajemen waktu

Ini mungkin tidak terlalu mengherankan, apalagi di era modern yang penuh dengan kompleksitas sekarang ini. Kemampuan manajemen waktu merupakan kemampuan yang harus dimiliki karena setiap individu dituntut untuk bersaing satu dengan yang lainnya. Dan yang terbaik adalah orang-orang yang mampu menggunakan waktu dengan maksimal. Jangan sampai Anda harus tersingkirkan hanya karena Anda tidak memiliki kemampuan manajemen waktu yang tepat.

Mau belajar

Jadilah orang yang mau belajar dan menambah pengetahuan di dunia kerja, meski itu bukan bidang utama Anda. Jika menutup diri dan tidak mau belajar, maka Anda tidak hanya merugikan diri tapi juga perusahaan.

Kreatif

Orang yang kreatif mampu berpikir out of the box, dan itulah yang dicari oleh setiap perusahaan. Ide yang orisinal akan dihargai sangat mahal. Sosok yang kreatif biasanya juga berani memulai sesuatu yang berbeda sehingga bisa membawa inovasi baru bagi perusahaan.

Sumber :

https://www.cermati.com/artikel/4-soft-skills-penting-yang-dibutuhkan-di-dunia-kerja

https://www.studilmu.com/blogs/details/10-kemampuan-soft-skill-dalam-dunia-kerja

https://womantalk.com/career/articles/6-soft-skill-yang-harus-anda-miliki-dalam-dunia-kerja-DKvPX

Share This