Komputer lambat seprti keong, padahal kerjaan menumpuk dan semuanya dikejar deadline. Kalau sudah seperti ini, komputer yang fungsi utamanya adalah untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan secara cepat tidak ada gunanya sama sekali. Bukan bisa mempercepat pekerjaan, malah membuat anda stres luar biasa. Pekerjaan tidak kunjung selesai, komputer berjalan super lambat atau bahkan hang atau tidak bekerja sama seklai. Mungkin anda merasa ingin menghancurkan komputer atau laptop anda, memukul dan mencabik-cabik menggunakan martil atau apapun yang penting bisa melampiaskan kekesalan anda.

Jangan lakukan itu mari kita cari tahu penyebab komputer menjadi lambat. Setelah itu kita juga cari jalan penyelesaiannya. Sehingga komputer anda bisa kembali berjalan normal atau bahkan bisa bekerja super ngebut.

7 Penyebab Komputer Menjadi Lambat Yaitu Sebagai Berikut.

  1. Kekurangan memory agar komputer bisa berjalan dengan normal atau bahkan cepat tentu harus memenuhi syarat minimum dari sebuah system. Makanya sangat perlu kita membaca terlebih dahulu system requirment sebelum menginstal atau menggunakan sebuah system operasi ataupun aplikasi.
  2. Terlalu banyak security program atau program pengaman komputer seperti anti virus, anti malware, anti spyware dan lain sebagainya akan berjalan setiap komputer melakukan startup dan berjalan secara beckground. Meskipun tampaknya tidak bekerja sebenarnya program-progam ini terus bejalan melakukan scaning terhadap komputer kita. Belum lagi akan terjadi saling serang antar program security, misal Avia akan menganggap SMADAV sebagai virus atau sebaliknya atau program-progam anti virus yang lain.
  3. Komputer lambat karena adanya Virusatau malware yang bersarang dikomputer akan semakin memperburuk kinerja komputer. Virus akan memakan resource komputer sangat banyak, karena dia akan terus bekerja menginvasi selurus bagian komputer dan terus menggandakan dirinya.
  4. Komputer lambat karena over heat atau terlalu panas bisa terjadi pada hardware komputer yang paling sering terjadi adalah pada procesor. Kemudian memory adan VGA Add On.
  5. Komputer lambat karena masalah harddisk. Harddisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Masalah komputer lambat yang disebabkan oleh harddisk ini diantaranya karena :

– Harddisk low space

– Harddisk yang terfragmentasi

– Harddisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun

– Harddisk error / bad sector

  1. Komputer lambat karena temporary file membengkak. Temporary file adalah file sementara setiap kita membuka dan mengerjakan tugas menggunakan sebuah aplikasi. Maka komputer akan menyimpan file temporary pada harddisk. Semakin lama semakin besar dan menumpuk sehingga memakan space harddisk dan semakin memperlambat kinerja komputer.
  2. Komputer lambat karena terlalu banyak startup program. Startup program adalah program-program yang secara otomatis berjalan setiap komputer malakukan startup. Biasanya program-program anti virus secara langsung meyeting dirinya agar berjalan saat startup. Semakin banyak startup program, makan semakin besar resource yang dibutuhkan. Akhirnya komputer menjadi lambat. Solusikomputer lambat bisa menjadi cepat kembali.

7 Cara Mengatasi Komputer Lambat

  1. Tambah memory, menambah memory secara fisik, misalnya yang tadinya hanya 512 menjadi 1GB atau yang tadinya 1GB menjadi 2 GB diyakini sangat bisa membantu dalam mempercepat kinerja komputer. Namun, selain itu ada juga trik-trik untuk mempercepat kinerja memory tanpa harus menambah memory secara fisik.
  2. Gunakan anti virus terbaik banyak anti virus teinsap di komputer bukan jaminan keamanan untuk komputer anda. Malah mengganggu kinerja komputer. Gunakan anti virus yang benar-benar baik. Baik secara kerjaa mengatasi masalah virus dan juga baik tidak menghabiskan resource, sehingga bisa berjalan secara cepat. Pilih atau gunakan AVG Anti Virus atau ESET NOD.
  3. Bersihkan komputer dari virus karena komputer anda sudah terjangkiti virus, tentu anda harus melakukan scaning menggunakan anti virus terbaik. Silakan bersihkan sampai tuntas.
  4. Gunakan cooler master terbaik apabila terjadi over heat pada processor anda. Pastikan anda menggunakan cooler yang baik. Selain itu pastikan cooler tersebut terpasang dengan baik, karena renggang sedikit saja bisa mengakibatkan prosesor menjadi panas. Tambahkan juga kipas pada casing bagian samping.
  5. Lakukan defrag pada harddisk. Defragmantasi secara berkala terhadap harddisk yang dibutuhkan agar susunan data dalam harddisk tetap tertata rapi. Selain itu juga akan secara otomatis melakukan fix terhadap orror harddisk. Kalau ruang harddisk anda sudah sangat minim saya sarankan silakan upgrade harddisk anda ke yang lebih besar.
  6. Bersihkan temporary file untuk membersihkan temprory file sangat mudah. Silakan klik Run, ketika prefetch dan hapus semua file yang ditemukan. Selain itu anda juga bisa menggunakan tool disk cleanUp.
  7. Disable startup program yang tidak perlu untuk mendisable program-program startup yang tidak perlu silahkan buka system configuarion dengan cara klik Run ketikan msconfig kemudian enter. Masuk ke menu startUp dan disable program yang tidak perlu dengan cara menghilangkan centangya.

 

Sumber : https://pemkomedan.go.id/artikel-11556-7-penyebab-komputer-lambat-dan-7-cara-mengatasi-ko.html

Share This