Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang pentingnya IT untuk perusahaan.

Di tulisan sebelumnya, kita sudah membahas tentang apa itu IT dan kenapa kita harus belajar IT. untuk yang belum baca, silahkan klik link berikut :

Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Pembangunan Teknologi Informasi Perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem holistik atau menyeluruh selesai dibangun, hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan sumber daya yang dimiliki. Dalam penerapannya rencana strategis Teknologi Informasi senantiasa diselaraskan dengan Rencana Perusahaan, agar setiap penerapan Teknologi Informasi dapat memberikan nilai bagi Perusahaan.

Kita harus mengakui bahwa teknologi sangat berperan pening dalam bisnis maupun perusahaan. baik itu perusahaan kecil yang baru dirintis maupun perusahan besar yang bahkan sudah mendunia.

Berikut beberapa contoh penggunaan teknologi pada perusahaan :

  • Otomasi kantor

Otomasi kantor adalah sistem yang menciptakan, menyimpan, memodifikasi, menyajikan, dan mengkomunikasikan informasi bisnis dalam bentuk tertulis, verbal atau video. Otomasi kantor berkaitan erat dengan penerapan teknologi informasi yang digunakan dalam lingkungan kantor untuk mendukung berbagai pekerjaan tertentu. Istilah otomasi kantor mengacu pada seluruh peralatan dan metode yang diterapkan dalam berbagai kegiatan kantor yang membantu proses penulisan, visual dan data suara dalam sebuah komputer. Yang termasuk dalam otomasi kantor adalah pertukaran informasi, manajemen dokumen administratif, mengelola data numerik, dan perencanaan rapat serta jadwal kerja manajemen.

  • Bertukar informasi

Kini, surat elektronik menjadi salah satu alat yang sangat penting untuk berkomunikasi dan bertukar informasi antar karyawan, penyuplai, dan konsumen. Komunikasi yang dilakukan dengan surat elektronik jauh lebih cepat dan membutuhkan sedikit biaya dibandingkan dengan mengirim surat melalui pos. Teknologi informasi memungkinkan mengatur berkas surat elektronik berdasarkan klien, jenis komunikasi seperti pemesanan atau pembayaran.

  • Menjalin kerjasama atau berkolaborasi

Bekerja dalam sebuah tim sangat penting dalam setiap bisnis. Kerja tim dapat menjadi lebih kompleks manakala anggota tim bekerja pada departemen yang berbeda, atau berada dalam zona waktu yang berbeda, atau berbeda perusahaan. Teknologi informasi membantu menjembatani jarak dengan membuat beberapa kegiatan seperti brainstorming, mengadakan rapat secara virtual, berbagai dokumen, bertemu dengan mitra bisnis baru, dan berkolaborasi dengan para ahli diluar perusahaan dari lokasi yang berbeda.

  • Menciptakan dan mengembangkan produk dan jasa

Teknologi informasi dapat digunakan untuk menciptakan, mengembangkan, serta mengirimkan produk dan jasa kepada konsumen dan mendukungnya dengan informasi penting. Kemampuan untuk mengakes dengan mudah dan membagi informasi terkahir dapat meningkatkan arus dan waktu penyuplaian, biaya operasi yang rendah, memperbaiki kepuasan konsumen, dan memicu kinerja keuangan. Kemudahan dalam mengakses informasi juga dapat membantu perusahaan memberikan respon terhadap kebutuhan konsumen dengan menyuguhkan kepada konsumen informasi yang akurat dan pengiriman produk yang terjadwal dengan baik.

  • Menghemat biaya

Meskipun implementasi teknolog informasi membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, namun memiliki manfaat jangka panjang dalam hal penghematan biaya. Teknologi informasi memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya transaksi dan implementasi.

  • Pemasaran

Salah satu penggunaan teknologi informasi dalam komunikasi bisnis yang utama adalah dalam hal pemasaran produk atau jasa. Baik bisnis skala kecil maupun bisnis skala besar kini memannfaatkan kehadiran internet sebagai media komunikasi untuk mendongkrak penjualan. Mereka memiliki website untuk menjalankan bisnis secara online dan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memesan produk atau jasa, membeli produk atau jasa, serta mengakses penjualan. Selain itu, teknologi informasi juga digunakan sebagai bagian dari strategi komunikasi dalam membangun brand image, strategi komunikasi pemasaran, strategi komunikasi dalam pemasaran internasional, dan strategi komunikasi pemasaran global.

  •  Mengelola inventaris

Penggunaan teknologi informasi dalam komunikasi bisnis juga diperuntukkan untuk mengelola inventaris secara efektif. Organisasi atau perusahaan kini dapat melakukan pemantauan stok barang dengan menggunakan teknologi informasi untuk memenuhi permintaan konsumen.

  • Manajemen data

Melalui teknologi informasi, perusahaan dapat menyimpan dan memelihara sejumlah data penting secara ekonomis dan memudahkan bagi karyawan untuk mengakses data tersebut apabila diperlukan.

  • Sistem informasi manajamen

Penyimpanan data akan sangat bermanfaat manakala jika data dapat digunakan secara efektif. Sistem informasi manajemen memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, ekspansi dan tingkat produktivitas. Informasi dapat digunakan untuk melacak profit setiap saat, memaksimalkan kembalinya modal dan mengidentifikasi ranah perbaikan.

  • Menghemat waktu

Disamping dapat menghemat biaya secara jangka panjang, penggunaan teknologi informasi dalam komunikasi bisnis terkait dengan otomasi kantor adalah dapat menghemat waktu. Otomasi memang perlu karena dapat menghemat waktu dalam berbagai kegiatan kantor. Seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Penghematan waktu dapat berguna untuk mencapai tujuan secara efektif.

Jadi bagaimana??

sudahkan kamu menerapkan teknologi pada perusahaanmu?

Sumber : https://pakarkomunikasi.com/penggunaan-teknologi-informasi-dalam-komunikasi-bisnis

Share This