10 Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan

Memiliki pekerjaan yang menjanjikan merupakan mimpi semua orang dan tentunya kita ingin karir yang kita geluti merupakan pilihan yang tepat. Tapi apa saja sih pekerjaan dimasa depan yang paling menjanjikan? Nah untuk kamu yang baru lulus SMA dan sedang mempertimbangkan tentang pendidikan kejuruan atau jurusan mana yang harus diambil jangan khawatir, atau untuk para jobseeker yang masih sedang menimbang-nimbang jenis pekerjaan seperti apa ya yang cocok, dibawah ini kami rangkum 10 pekerjaan yang paling menjanjikan dimasa depan untuk rekomendasi anak anda.

1. Praktisi kesehatan

Menurut laporan The Future Jobs yang dilansir dari World Economic Forum, lapangan pekerjaan di bidang kesehatan masih tetap akan menjanjikan dimasa depan. Seperti yang kita tahu, populasi penduduk semakin meningkat tiap tahunnya, dan tentunya dengan jumlah yang semakin bertambah, praktisi kesehatan pun semakin dibutuhkan terutama didaerah yang bukan perkotaan.

2. Ahli data

Profesi selanjutnya ialah ahli data. Ahli data sendiri merupakan pekerjaan atau profesi yang bertugas untuk mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data yang sudah diperoleh oleh perusahaan dalam mengambil keputusan. Banyak orang beranggapan profesi ini hanya digeluti oleh individu yang memiliki latar belakang sains dan IPA, tetapi pada kenyataan pekerjaan ini dapat digeluti oleh siapa saja yang memiliki keterampilan dan pengetahuan di bidang ekonomi, matematika, manajemen, komunikasi, komputer dan elektronik, maupun statistik.

Tak hanya itu, orang-orang yang menggeluti pekerjaan ini diharuskan untuk memiliki kecakapan dalam berkomunikasi (soft skill),berpikir kritis, dan memiliki kemampuan analisis yang kuat agar bisa mengkomunikasikan hasil analisis yang didapat dengan baik dihadapan para klien.

3. Digital Marketer

Dengan berkembangnya teknologi internet termasuk industri 4.0 keberadaan digital markerter sangatlah dibutuhkan diberbagai perusahaan. Digital markerter sendiri memiliki tugas untuk melakukan promosi melalui sosial media ataupun platform digital. Digital marketer juga merupakan tombak marketing suatu perusahaan dikarenakan penjualan zaman sekarang yang serba digital membuat profesi ini merupakan pekerjaan dimasa depan yang paling dibutuhkan.

4. Ahli tehnik dan kontruksi

Dengan berkembangnya teknologi, para ahli di bidang kimia, bioteknologi, robotik, dan nano teknologi semakin dibutuhkan. Selain itu dengan berkembangnya teknologi, tentu proyek-proyek pembangunan gedung dan proyek pemerintah lainya membutuhkan banyak ahli kontruksi, demikian ahli tehnik dan kontruksi merupakan pekerjaan dimasa depan yang dibutuhkan.

5. SEO Specialist atau Content Writer

Perusahaan tentu memerlukan orang-orang yang dapat menulis penjelasan produk-produk mereka dengan baik serta tulisan yang tentunya google friendly sehingga ketika kamu memasukan kata kunci tertentu dipencarian google, produk perusahaan mu terpampang dihalaman utama. Maka dari itu posisi SEO specialist ini sangatlah vital dalam strategi pemasaran suatu perusahaan.

6. Teknisi IT

Di era yang serba canggih ini, hampir semua perusahaan membutuhkan teknisi IT untuk mengurus sistem komputerisasi bisnis mereka. Teknologi pun juga diperkirakan akan semakin berkembang yang memungkinkan profesi seperti programmer dan software developer akan tetap dibutuhkan dimasa yang akan datang.

7. Web/Mobile Application Developer

Dengan banyaknya website dan aplikasi e-commerce bermunculan, tak heran web dan mobile application developer dibutuhkan dimana-mana. Beberapa perusahaan juga membutuhkan developer website untuk situs perusahaan mereka yang membuat profesi ini semakin dicari oleh perusahaan.

8. Designer

Untuk membuat sebuah produk, kita memerlukan konsep dasar juga desain yang pas dan menarik, dan tentunya tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Designer banyak sekali diperlukan diberbagai industri. Mulai dari industri pakaian, industri teknologi, sampai dengan pekerjaan kontruksi memerlukan designer agar produk atau hal yang kita ciptakan lebih sempurna.

9. Akuntan

Pekerjaan yang akan selalu dibutuhkan. Meskipun lulusan akuntasi terhitung banyak, tetapi lowongan pekerjaan untuk akuntan sendiri selalu dibutuhkan di manapun. Pekerjaan akuntansi sendiri meliputi analisa keuangan, laporan keuangan dan laporan pajak suatu perusahaan. Akuntan sendiri tidak dibutuhkan hanya diperusahaan, melainkan disemua sektor usaha yang ada.

10. Ahli lingkungan

Dengan keadaan lingkungan dimasa sekarang yang cukup tercemar dan merupakan isu yang cukup penting dimuka bumi ini, para ahli lingkungan sangat lah diperlukan untuk mencari solusi dari semua permasalahan lingkungan. Mulai dari cara mengatasi air limbah, polusi udara, penebangan liar dan juga kelestarian lingkungan. Biasanya para ahli lingkungan berasal dari jurusan studi bidang tehnik lingkungan atau environmental engineering. Mereka-mereka ini juga banyak dibutuhkan oleh lembaga-lembaga pemerintahan dan pabrik loh!

Nah itu dia 10 pekerjaan yang paling menjanjikan dimasa depan, sebenarnya masih banyak pekerjaan lain yang juga sama-sama menjanjikan tetapi tidak disebutkan di daftar diatas, seperti guru, penterjemah, telemarketer, staff HRD, management strategist dan banyak lagi profesi lainya yang juga menjanjikan. Apa salah satu profesi diatas merupakan profesi idaman kamu? Jika iya, persiapkan diri mu dari sekarang. Kamu dapat memulainya dengan mengikuti workshop ataupun seminar agar kamu mengerti tentang bidang yang nantinya akan kamu geluti. Jika kamu merasa kegiatan tersebut terlalu merogoh kocek yang banyak kamu juga dapat mengikuti webinar gratis yang diselenggarakan beberapa ahli ataupun universitas ternama secara online.

Membeli buku mengenai bidang yang akan ada geluti juga dapat menambah wawasan kamu. Tetapi pada dasarnya semua pekerjaan merupakan pekerjaan yang penting. Yang membedakan pekerjaan yang menjanjikan dan tidak adalah kemampuan mu sebagai individu dalam berkontribusi terhadap masyarakat sekitar. Semoga tulisan ini membantu dan sampai bertemu lagi di tulisan selanjutnya.

Bila kamu mau bekerja keras dan mau memperbaiki kualitas pribadi, maka kamu bisa sukses disetiap bidang yang kamu geluti. Kesuksesan bukan di pengaruhi oleh usia tetapi kerja keras dan kemauan. 

Share This