Mengerti dulu apa itu “programming”

Sebelum Kamu melakukan sesuatu, Kamu harus tau dulu dong apa yang ingin Kamu lakukan. Kamu harus tau dulu apa itu programming. Sama seperti Kamu suka seorang wanita, sebelum Kamu mulai melakukan pendekatan, apalagi menembaknya, minimalnya Kamu harus punya informasi tentang dia. Misalnya Kamu harus tau berapa jumlah lubang hidungnya, apakah dia makan menggunakan tangan atau tidak, bagaimana cara berjalannya, apakah kakinya ada 2, apakah ibunya perempuan :D. Semakin banyak informasi yang Kamu tau, maka akan semakin baik. Dan mungkin akan membuat Kamu semakin jatuh cinta.

Sebagian dari kita tidak mencoba mendalami pemrograman, karena mungkin hanya tau sebagian saja. Misalnya hanya tau, “pemrograman itu lo akan nulis kode di texteditor dan lo bisa bikin program”. Kalau hanya itu yang diketahui, wajar saja jika dia tidak tertarik untuk belajar pemrograman.

Bayangkan jika kita tau bahwa dengan pemrograman kita bisa membuat sebuah program yang bermanfaat bagi orang banyak, semua dunia akan senang menggunakan program kita, bahkan dengan program itu kita bisa menjadi kaya raya, kita bisa membuat perusahaan sendiri, kita bisa membuka lapangan pekerjaan baru, dan bisa membuat orang lain bahagia dan sejahtera. Itu akan terdengar lebih menarik. Atau mungkin juga, ketika kita punya anak nanti, kita bisa membuatkan game khusus edisi spesial untuk ulang tahun anak kita, atau membuatkan website untuk keluarga bahagia kita, atau mungkin kita bisa membuat sebuah aplikasi untuk menembak gebetan kita dengan aplikasi yang super romantis. Bro.. Bayangkan banyak sekali yang bisa kita lakukan. Semakin banyak informasi yang kita tahu, maka semakin banyak juga alasan yang kita punya untuk mempelajari pemrograman.

Tentukan skill apa yang kamu inginkan

Ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang developer, kita harus benar-benar fokus pada satu hal dan menghindari yang umum. Memang tidak ada salahnya jika kita mengetahui banyak bahasa pemrograman, tapi sebaiknya di tahap awal fokuslah pada salah satu bahasa pemrograman yang benar-benar kita sukai. Hal ini bertujuan untuk memfokuskan semua upaya kita dalam mengasah skill/kemampuan pemrograman.

Pelajari dasar-dasar pemrograman

Sebagai programmer (pemula), jangan terburu-buru untuk membuat fitur yang canggih dan terlihat keren. Setiap bahasa pemrograman memiliki “cool version” sendiri. Misalnya, HTML memiliki HTML5, CSS memiliki CSS3, JavaScript memiliki jQuery, AJAX, dan sebagainya. Tapi sebaiknya, pelajari semua dasar-dasar pemrograman terlebih dahulu. Hal ini karena kita tidak bisa mengembangkan jQuery tanpa memahami dasar dari JavaScript itu sendiri.

Minta bantuan Mbah Google

Tidak peduli apapun jenis masalah yang kamu hadapi, Google pasti memiliki sejuta solusinya. Jadi jangan malas!

Selain itu, ada banyak situs yang bisa kamu kunjungi ketika menemukan masalah dalam coding, salah satuunya adalah yaitu CodingForums.com. Tapi sebaiknya sebelum mengajukan pertanyaan di forum, cobalah untuk mencari solusinya terlebih dahulu di Google.

Cari sebanyak-banyaknya relasi

Hal lain terpenting lainnya adalah cari sebanyak-banyaknya jaringan/relasi dalam bidang kita. Dengan begitu kita bisa memiliki beberapa diskusi yang menarik dan dapat memberikan bantuan jika kita membutuhkannya. Bahkan kita bisa berkolaborasi dengan sesama developer untuk menggarap project yang lebih besar.

Up to date

Sebagai seorang programmer, kita dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Perbanyaklah membaca feed berita, blog, atau bahkan buku dan video tutorial untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita.

Itulah 7 tips yang harus kamu perhatikan ketika ingin menjadi seorang programmer.

Sumber :

https://www.codepolitan.com/cara-enjoy-memulai-belajar-pemrograman

http://php.co.id/7-hal-penting-yang-harus-diketahui-programmer-pemula/

 

Share This