Bagi anda yang belum mengenal bahasa pemrograman, tentu akan merasa bingung, bahasa pemrograman apa yang akan dipelajari pertama kali. Terlebih lagi anda juga bingung bahasa pemrograman apa yang cocok untuk tujuan anda belajar. Apakah itu untuk pembuatan web ? pembuatan mobile apps ? atau untuk pembuatan webservice di server ?

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

Dan jika para pemula ingin mempelajari pemrograman, maka ada beberapa bahasa pemrograman yang cocok bagi pemula. Diantaranya yaitu:

  1. Phyton
    Dengan mengusung beberapa kegunaan seperti pengembangan web, video game, perangkat lunak, dan lainnya, Phyton menawarkan kemudahan untuk dipelajari. Phyton merupakan sebuah bahasa pemrograman open-source, dengan tingkat keterbacaan kode tinggi. Phyton merupakan bahasa yang dinamis, dengan interpretasi multiguna, dan memiliki tingkat popularitas tinggi sebagai bahasa pemrograman untuk scripting dan pemrograman web. Bahasa pemrograman ini menawarkan sintaks-sintaks yang mudah dipelajari dan dipahami oleh pembuat program. Selain itu, telah terdapat berbagai macam web yang dapat digunakan untuk belajar jenis bahasa pemrograman ini.
  2. C / C++
    Sering digunakan untuk perangkat lunak sistem dan program lingua franca Sistem Operasi. C telah mempengaruhi hampir semua bahasa pemrograman, terutama C ++. Jadi, jika Anda tahu C dengan
    baik, Anda mungkin akan memiliki lebih sedikit gampang mengambil bahasa populer lainnya. Sejak C mengambil kode yang lebih kompleks untuk melakukan tugas-tugas sederhana, pemula mungkin merasa sulit untuk menjaga diri termotivasi jika mereka memilihnya sebagai bahasa pertama mereka. Namun, pengetahuan tentang C pasti akan membantu Anda sebagai seorang programmer.Di sisi lain, C ++ adalah bahasa yang kuat berdasarkan C, yang telah menambahkan fitur berorientasi objek seperti kelas bahasa, bersama dengan fungsi virtual dan template. C ++ adalah satu lagi dari bahasa pemrograman yang paling populer di dunia dan dirancang untuk perangkat lunak sistem pemrograman. Hal ini masih banyak digunakan untuk membangun game / mesin permainan, aplikasi desktop, aplikasi mobile, dan aplikasi web. C ++ begitu kuat dan cepat, yang telah digunakan untuk membangun perangkat lunak seperti Adobe Systems, Amazon, Paypal, Chrome, dan banyak lagi. Banyak seperti C, C ++ umumnya dianggap sulit bagi pemula untuk belajar sendiri. Jadi, jika Anda memutuskan untuk belajar C ++ sebagai bahasa pertama Anda, jangan ragu untuk mencari mentor melalui Meetups atau menemukan C ++ Codementor.
  3. JavaScript
    Bahasa pemrograman untuk yang pertama kali belajar selanjutnya adalah bahasa pemrograman JavaScript. Bahasa ini memiliki tingkat kesulitan di bawah bahasa pemrograman C. Bahasa ini sangat populer di kalangan pengembang web, bahkan menjadi bahasa favorit bagi para pembuat program. Bahasa ini dapat digunakan untuk membuat tampilan depan sebuah web, analisis, widget, maupun web interactivity. Bahasa pemrograman ini menawarkan kemudahan untuk dipelajari dengan disertai kemudahan untuk implementasi.
  4. Ruby
    Bahasa pemrograman Ruby merupakan bahasa yang dinamis berbasis obyek dan dapat digunakan untuk tujuan umum. Bahasa pemrograman ini dapat dipakai diantaranya untuk mengembangkan Graphic User Interface di desktop, aplikasi web, dan pengembangan web. Selain itu, Rubi merupakan sebuah bahasa pemrograman yang sedang populer saat ini. Dengan kemampuan luar biasa yang ditawarkan, Ruby merupakan bahasa yang mudah dipelajari. Seperti Phyton, Ruby termasuk ke dalam salah satu bahasa pemrograman untuk yang pertama kali belajar pemrograman. Selain itu, telah terdapat banyak situs yang dapat kita jadikan sebagai tempat belajar bahasa ini.
  5. Java
    Java adalah salah satu bahasa pemrograman tujuan paling populer dan umum di dunia. Dirilis pada tahun 1995, Java 1.0 didasarkan pada prinsip ‘Write Setelah Run Anywhere’. Ini adalah, bahasa berorientasi objek berbasis kelas dan dirancang menjadi portabel, yang berarti bahwa Anda dapat menemukannya di semua platform, sistem operasi dan perangkat.Java biasanya digunakan untuk membangun aplikasi Android, aplikasi desktop, dan video game. Hal ini juga sering digunakan sebagai bahasa server-side untuk pengembangan usaha tingkat back-end. Selain itu, menambah kemampuan bahasa C ++. Jadi, jika Anda sudah memiliki pengetahuan tentang C ++,itu akan membantu dengan belajar Java. Meskipun, Java adalah bahasa pemrograman yang sedikit rumit untuk pemula, programer setuju bahwa itu bisa menjadi sangat bermanfaat bahasa pemrograman untuk belajar pertama. Namun, ia memiliki satu set dasar konsep inti yang akan membantu Anda saat Anda menjalankan ke bahasa lain dan teknologi.pemrograman Java adalah sangat dicari keterampilan, memiliki pengetahuan itu membuka banyak jalan dalam hal pekerjaan. Jika Anda ingin mencobanya, pergi ke Java Pelajari Online dan mulai dengan pelajaran hari ini.

Sumber:
(https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman)
(https://teknojurnal.com/bahasa-pemrograman-untuk-pertama-kali-belajar/)
(http://simponydaun.blogspot.co.id/2016/05/5-bahasa-pemrograman-yang-mudah.html)(https://www.codepolitan.com/bahasa-pemrograman-apa-cocok-dipelajari-pertama-kali)

Share This