Seiring perkembangan zaman, kita setiap tahunnya selalu disuguhkan dengan penemuan-penemuan teknologi terbaru. Makin hari, makin menjamur hasil penelitian dan layanan yang luar biasa mengagumkan dalam teknologi. Bila kita tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan, kita akan terlindas oleh zaman. Akibatnya, kita menjadi terasing karena gaya hidup orang di sekeliling kita sudah mulai berbeda, sementara kita masih menggunakan cara-cara lama. Belajar teknologi itu penting, karena banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari belajar teknologi terbaru.

Apa itu IT?

IT (Information technology) atau dalam bahasa Indonesia disebut TI (Teknologi Informasi) adalah istilah umum untuk menyebut teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Istilah IT/TI tidak hanya ditujukan untuk internet tapi semua hal yang berkaitan dengan teknologi seperti TV, Telepon, Komputer dll.

Secara garis besar IT dibagi menjadi dua kategori yaitu bidang perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras meliputi segala benda yang tersemat teknologi didalamnya seperti komputer, printer, televisi, scanner dll. Sedangkan perangkat lunak adalah program yang berguna untuk mengatur dan berfungsinya perangkat keras seperti sistem operasi, aplikasi office, driver, dll.

Lalu kenapa sih, kamu harus belajar IT?

Berikut beberapa alasan yang mengharuskan kamu untuk belajar IT

  • Lebih inisiatif, inovatif dan kreatif,

Pada masa dahulu, sebelum teknologi maju seperti saat ini, sudah banyak juga manusia yang inovatif dan kreatif. Tetapi untuk melakukan sebuah penelitian dan menghasilkan sebuah penemuan, mereka membutuhkan waktu yang sangat lama karena kurangnya dukungan teknologi. Dewasa ini, semakin gencar inovasi dan kreasi dalam berbagai bidang sebab teknologi menjadi salah satu penentu kunci dalam mempercepat hasil penelitian dan penemuan.

  • Menjadi pemain bukan penonton

Pada masa sekarang di mana teknologi sedang melaju dengan begitu cepat, kalau kita terlambat mengikuti, kita hanya akan menjadi penonton dan korban yang dimanfaatkan. Lebih ekstrim, mungkin kita akan dijajah oleh golongan tertentu. Tetapi kalau kita mampu menguasainya kita akan menjadi pengendali peradaban. Tidak hanya menikmati teknologi tetapi juga berandil menciptakan teknologi yang lebih canggih.

  • Untuk mengembangkan kompetensi dan produktivitas kita

Teknologi bisa berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas dalam bekerja maupun kegiatan lain seperti belajar. Tak sedikit lho sekarang bermunculan jenis pekerjaan baru yang bertumpu pada teknologi. Bahkan pekerjaan dengan teknologi jauh mencapai hasil yang memuaskan dibanding bekerja dengan sistem manual. Hal yang harus diketahui, seiring kemajuan juga sudah mulai hilang pekerjaan yang berpatokan dengan tenaga. Kini tenaga manusia digantikan oleh mesin. Artinya, akan banyak diantara kita yang akan kehilangan pekerjaan di masa depan. Tak hanya itu, teknologi juga mendukung terjadinya transaksi yang lebih besar dengan biaya yang minim. Ekspor impor tidak lagi seperti dulu tetapi sudah bisa dilakukan dari rumah dengan bisnis online lintas benua. Jadi, jangan menganggap sepele hal ini. Rencanakan kehidupan beberapa tahun mendatang dari sekarang.

  • Mencapai efektivitas dan efisiensi.

Harus diakui bahwa teknologi telah memangkas sebagian besar biaya dalam aktivitas manusia. Misalnya, dulu mengirim kabar dengan surat yang dikirim lewat kantor pos, tibanya berhari-hari. Sekarang sekali ketik dan klik, pesan tersampaikan. Begitu juga, pergi ke luar negeri dulu hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang karena biaya yang mahal, sekarang kemajuan teknologi membuat orang kelas bawah pun bisa keluar negeri dengan adanya maskapai penerbangan murah. Terkait pekerjaan, ada lho sekarang orang yang tidak masuk kerja pagi sampai sore. Cuma duduk di rumah di depan komputer, pundi-pundi mengalir terus. Orang yang tidak tahu melihat mereka sebagai pengangguran tetapi sebenarnya mereka dengan lebih cerdas dengan menunggangi teknologi. Keren kan?

  • Mempercepat Arus Informasi

Arus informasi yang cepat merupakan feedback dari semakin canggihnya teknologi informasi. Salah satu yang paling nampak adalah perkembangan internet atau jaringan komputer.

Internet menjadi salah satu alat penyebar informasi yang sangat cepat. Meskipun kamu harus lebih cermat lagi dalam menggali informasi, namun ini merupakan salah satu dampak positif teknologi karena dapat memberikan informasi mengenai suatu kejadian secara cepat.

  • Membuka Wawasan dan Teman Baru yang Lebih Luas

Media sosial juga merupakan dampak positif lain dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Ya, melalui media sosial kamu dapat bertemu dengan orang baru sehingga menambah relasi dan pertemananmu.

Sebagai contoh, Instagram dan Facebook. Situs yang cukup besar ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak orang gunakan. Tidak hanya untuk menambah jaringan pertemanan di dunia maya, Facebook dan Instagram juga menjadi sarana promosi dalam bisnis.

Sumber :

www.sibro21.org

www.avoskinbeauty.com

 

Jika ada yang ingin menambahkan, silahkan tambahlan melalui kolom komentar.

Semangatt untuk kita semuaaa..

Share This