Teknologi.id – Bidang teknologi informasi merupakan salah satu bidang keilmuwan dengan banyak peminat. Apakah kamu salah satu dari sekian banyak yang tertarik dan menggeluti bidang tersebut?\Permintaan tenaga kerja di industri ini masih lumayan tinggi, jadi menambahkan beberapa skill berikut bisa memperindah CV-mu agar lebih menonjol dibandingkan kandidat lain.

1. Menguasai beberapa bahasa pemrograman

Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa dipelajari, salah satunya yang paling mudah adalah Python. Dibandingkan dengan tahun 2018, sampai saat ini tercatat peningkatan sebanyak 45% profesional IT yang menguasai Python sebagai skill dasar. Python juga bisa digunakan pada jaringan, data mining, mengembangkan website, sampai mengembangkan algoritma AI.

2. Machine Learning

Permintaan ahli machine learning akan terus meningkat pada tahun 2021. Machine learning merupakan bagian dari AI untuk mengembangkan kemampuan komputer melakukan tugas-tugas tertentu tanpa program secara eksplisit. Sejak tahunh 2018, profesional IT yang menguasai skill ini meningkat sampai 50%. 

3. Deep Learning

Deep learning adalah salah satu penerapan machine learning dengan memanfaatkan ilustrasi cara kerja otak manusia. Beberapa fungsinya antara lain adalah untuk mendapatkan prediksi, dan sebagai alat untuk mengambil keputusan.

Ilustrasi. Foto: dnsstuf

4. Cyber Security 

Ancaman keamanan data dan serangan cyber yang mungkin terjadi perlu menjadi perhatian khusus, terlebih pada perusahaan dengan persaingan ketat. Memiliki keterampilan ini bisa memperbesar peluangmu karena terjadi peningkatan kebutuhan ahli cyber security sampai 19% sejak tahun 2018 lalu.

5. Data Science

Big data menjadi isu hangat sejak beberap tahun silam. Pada tahun 2026 diprediksi akan terus berkembang sampai 19,4 miliar. Karenanya, kebutuhan akan ahli data masih sangat dibutuhkan.

6. Cloud Computing

Dengan semakin merebaknya bisnis cloud computing, kemampuan ini secara otomatis menjadi salah satu skill yang akan dicari perusahaan dimasa mendatang.

 7. Blockchain

 Perusahaan kini banyak memanfaatkan Blockchain untuk keperluan lain. Menguasai skill ini pada pemrograman bisa menambah nilai plus dalam CV-mu.

 8. Pengembangan Mobile

Mobile development terus menjadi skill yang akan sangat dicari pada tahun-tahun mendatang karena produksi aplikasi mobile akan terus meningkat

Selain beberapa skill di atas, ketrampilan lain menggunakan framework seperti Django, React Hooks, Next.js, SwiftUI juga akan sangat berguna.

 

Sumber : https://teknologi.id/insight/8-skill-it-yang-dibutuhkan-pada-tahun-2021

 

 

 

 

Share This